24 Klub SSB Ikuti Festival Sepak Bola Piala Dandodiklatpur Usia 11 Tahun

 SOLO RAYA

SOLOTERKINI.COM_ KLATEN – Sebanyak 24 klub Sekolah Sepak Bola (SSB) se Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ikut ambil bagian dalam festival sepak bola memperebutkan Piala Komandan Depo Pendidikan Latihan dan Pertempuran Resimen Induk Kodam (Dandodiklatpur Rindam) IV/Diponegoro, Letkol Infanteri Marolop Edison Bala Hutapea yang diadakan di Lapangan Sepak Bola Dodiklatpur Rindam IV/Diponegoro di Desa Danguran, Kecamatan Klaten Selatan, Sabtu, 18 Juni 2022.

Komandan Dandodiklatpur Rindam IV/Diponegoro, Letkol Infanteri Marolop Edison Bala Hutapea mengatakan, tujuan digelarnya festival sepak bola U-11 tahun ini untuk memberikan kesempatan kepada SSB yang ada di Jateng dan DIY agar para atlet sepak bola binaannya dapat menyalurkan kemampuannya dalam bidang olahraga sepak bola. Kemudian karena selama dua tahun akibat pandemi covid-19, tidak ada turnamen sepak bola sehingga diharapkan festival sepak bola U-11 tahun ini dapat menggairahkan lagi latihan sepak bola.
“Ke depan syukur dapat digelar turnamen yang lebih besar seperti turnamen sepak bola Bupati Klaten Cup, sehingga menambah daya dorong SSB untuk terus latihan. Melalui berbagai turnamen tersebut, nantinya diharapkan mampu melahirkan atlet yang berprestasi. Saya ucapkan terimakasih kepada para orang tua yang mendampingi anaknya untuk mengikuti festival sepak bola ini,” katanya.
Sedangkan Ketua DPRD Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo, SIKom mengatakan, DPRD Klaten menyambut baik dan mengapresiasi festival sepak bola U-11 untuk memperebutkan Piala Dandodiklatpur Klaten tahun 2022. Melalui ajang festival sepak bola U-11 Piala Dandodiklatpur Klaten diharapkan mampu membangktkan SSB yang ada di Klaten khususnya dan SSB di Jateng dan DIY untuk tetap berlatif guna mencetak atlet-atlet sepak bola yang mampu berkiprah di tingkat kabupaten, provinsi, nasional bahkan dunia.
Sementara itu Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani, SM dalam sambutan yang dilanjutkan membuka festival sepak bola U-11 Piala Dandodiklatpur Klaten tahun 2022 yang disampaikan Pejabat Sementara (Pj) Sekda Klaten, Jajang Prihono, SSTP juga mengapresiasi atas terselenggaranya festival sepak bola U-11 Piala Dandodiklatpur Klaten. Untuk mencetak atlet sepak bola yang handal harus dimulai sejak dini, maka Pemkab Klaten sangat mendukung dengan kegiatan festival sepak bola U-11 Piala Dandodiklatpur Klaten.
Menurut Bupati Klaten, pembinaan kepada para atlet sepak bola memang harus dilakukan secara berkesinambungan, sehingga pola latihan yang dipadu dengan adanya turnamen sepak bola menjadi solusi agar bakat dan minat anak-anak dan generasi muda dalam bidang sepak bola dapat tersalurkan dengan baik. Maka dari itu Pemkab Klaten juga menyambut baik usulan Dandodiklatpur Klaten agar digelar turnamen sepak bola yang lebih besar seperti Bupati Klaten Cup dan ke depan semoga turnamen sepak bola Bupati Klaten Cup segera dapat terlaksana terlebih pandemi covid-19 sekarang sudah mereda.
Ketua panitia festival sepak bola Piala Dandodiklatpur Rindam IV/Diponegoro Kabupaten Klaten, Eko Prasetyo didampingi salah seorang wasit, Sarwoto mengatakan, festival sepak bola tersebut diadakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 18-19 Juni 2022. Pada hari pertama merupakan babak penyisihan grup dan pertandingan hari kedua untuk semi final dan final. Turnamen sepak bola dibagi ke dalam enam grup dan masing-masing grup ada empat tim sepak bola.
Dijelaskan, enam grup tersebut yakni Grup A ada 4 tim yakni Ksatria Solo, Persig Plupuh, Mataram Utama dan Mas Garuda, Grup B yakni HW UMY, Mas Rajawali, Sayegan United, Pandowoharjo, Grup C yakni Bina Putra Jaya, Gama YK, AT Farmasi, Matra Sadewa. Kemudian Grup D yakni GFA Semarang, HW Kulonprogo, Depo Kartika Candra (DKC) Biru, Kalasan A, Grup E yakni Pesat Magelang, IM Karanganyar, Mars Solo, Kalasan B dan Grup F yakni Binus Klaten, Baturetno, DKC Merah dan Matra Nakula.
Eko Prasetyo yang juga Ketua Komisi I DPRD Klaten dari Fraksi PDI Perjuangan menambahkan, untuk mendukung festival sepak bola U-11 Piala Dandodiklatpur Klaten tersebut, panitia pelaksana menggandeng wasit yang tergabung dalam Asosiasi Sepak Bola Kabupaten Klaten (Askab) sebanyak 6 orang. Pada festival sepak bola U-11 tahun ini menggunakan lapangan sepak bola dengan ukuran panjang 60 meter dan lebar 40 meter dan waktu pertandingan selama 20 menit. (SIS Bg)

Author: 

Related Posts

Comments are closed.