BANTU SATGAS COVID, BAZNAS KLATEN SERAHKAN 1150 UNIT HAZMAT

 SOSIAL & POLITIK

SOLOTERKINI.COM, Klaten – Peran serta dan gotong royong masyarakat dalam membantu penanganan Covid-19 kembali terwujud melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Klaten. Hal ini dibuktikan dengan disalurkannya sejumlah perlengkapan untuk mendukung operasional Satgas Covid-19 Kabupaten Klaten berupa hazmat 1150 unit, sarung latex 14 boks, kasur busa 10 buah, feelbad 5 buah, sembako 2200 paket, dan makanan untuk relawan 1500 dus. 

Demikian disampaikan Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani dalam sambutan pada acara ‘Penyerahan Bantuan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Klaten Dalam Rangka Penanggulangan Covid-19’ Selasa (3/8/2021) di Pendopo Pemkab. Hadir dalam acara ini Bupati, Sekda, Asisten Pemerintahan, Pengurus BAZNAS Klaten, dan Kepala OPD terkait.

“Bantuan ini sangat bermanfaat dan kami butuhkan. APBD kami cukup tapi kita butuh gotong royong. Kami mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama memerangi Virus Corona dan meringankan beban masyarakat Klaten,” terang Bupati.

Bupati dalam kesempatan ini menegaskan, melalui bantuan sembako dari Baznas ini maupun dari lembaga lain diharapkan masyarakat yang terkonfirmasi positif, berkenan untuk dipindah ke fasilitas isolasi terpusat, karena pemerintah hadir memberikan bantuan, sekaligus sebagai upaya untuk memisahkan antara yang sakit dengan yang sehat, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Untuk itu Bupati minta sejumlah 595 orang yang sedang menjalani isolasi terpusat diberbagai tempat, diberikan bantuan sembako dari Baznas tersebut.

“Bantuan sembako Baznas agar dibagi melalui kecamatan. Tujuannya positif, biar masyarakat yang saat ini kondisinya tidak mau dibawa ke isolasi terpusat akhirnya tergerak hatinya. Ternyata pemerintah hadir memberikan bantuan. Sehingga mereka ada semangat untuk melakukan isolasi terpusat. Karena tugas utama kita saat ini adalah membawa orang yang berada diisolasi mandiri ke isolasi terpusat, yaitu dengan cara dipisahkan antara yang sehat dengan yang tidak sehat. Karena kalau yang sehat dengan yang tidak sehat dicampur, ini mata rantai tidak akan bisa terputus,” jelas Bupati.

Sementara itu Ketua Baznas Klaten Wibowo Muktiharjo mengungkapkan, bantuan yang diserahkan hari ini merupakan hasil refocusing, yang semula untuk kegiatan distribusi kesehatan dan santunan, atas saran dan petunjuk Bupati dialihkan untuk membantu operasional Satgas Covid 19 Kabupaten Klaten.

“Atas dasar saran dan petunjuk Ibu Bupati, bahwa yang diperlukan ini adalah dukungan untuk operasional satgas. Oleh karena itu melalui rapat pleno pada 13 Juli, kami refocusing semua rencana distribusi dibidang kesehatan dan santunan, yang sisanya masih 545 juta, itu 90 persen atau 484 juta yang kita gunakan untuk mendukung Satgas Covid-19 ini,’ paparnya.

Wibowo mengungkapkan, bantuan yang diberikan guna mendukung operasional satgas Covid-19 ini merupakan Zakat dan Infak dari ASN Pemkab Klaten serta berasal dari RSI dan Yayasan Jamaah Haji Klaten. Diperkirakan, untuk tahun 2021 ini akan terkumpul dana sejumlah 4,5 miliar rupiah.

“Melalui media ini kami menyampaikan terima kasih juga kepada seluruh ASN yang dengan sukarela dan senang membayarkan kewajiban zakatnya melalui Baznas Kabupaten Klaten,” pungkas Wibowo Muktiharjo. (SIS)

Author: 

Related Posts

Comments are closed.